andadari_

Faktor-faktor yang menentukan keberagaman karakteristik peserta didik

on July 31, 2013

Isi ( by content) : peserta didik berpeluang mempelajari materi yang berbeda dalam sasaran kompetensi yang sama ataupun berbeda.

Minat dan motivasi (by interest): peserta didik berpeluang berkreasi sesuai dengan minat dan motivasi belajar, baik dalam kompetensi yang sama maupun berbeda. Peserta didik termotivasi belajar secara mandiri.

Kecepatan tahapan belajar (by speed) : peserta didik berpeluang belajar (bekerja) sesuai dengan kecepatan yang dimilikinya. Keberagaman bisa pada kompetensi, isi maupun kegiatan.

Tingkat kemampuan (by level) : peserta didik berpeluang untuk mencapai kompetensi secara maksimal sesuai dengan tingkat kemampuan yang dimiliki.

Reaksi yang diberikan peserta didik (by respond) : peserta didik berpeluang menunjukkan respons melalui presentasi/menyajikan hasil karyanya secara lisan, tertulis, benda kreasi dan sebagainya.

Siklus cara berfikir (by circular sequence) : peserta didik menguasai kompetensi melalui cara-cara dan seleksi berdasarkan perspektif yang mereka pilih.

Waktu (by time) : peserta didik berkemungkinan untuk memiliki perbedaan durasi untuk menguasai kompetensi tertentu.

Pendekatan pembelajaran (by teaching style) : peserta didik diberi perlakuan secara individual sesuai dengan keadaannya.

 

 

 

 

Sumber : Muslich, Masnur, 2009. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual, Jakarta: PT Bumi Aksara

 

 

 

 

 

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: