andadari_

Kompetensi Guru mata pelajaran IPA pada SMP/MTs

on June 10, 2013

 

 

·         Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta

penerapannya secara fleksibel.

·         Memahami proses berpikir IPA dalam mempelajari proses dan gejala alam

·         Menggunakan bahasa simbolik dalam mendeskripsikan proses dan gejala

alam.

·         Memahami hubungan antar berbagai cabang IPA, dan hubungan IPA

dengan matematika dan teknologi.

·         Bernalar secara kualitatif maupun kuantitatif tentang proses dan hukum

alam sederhana.

·         Menerapkan konsep, hukum, dan teori IPAuntuk menjelaskan berbagai

fenomena alam.

·         Menjelaskan penerapan hukum-hukum IPA dalam teknologi terutama

yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

·         Memahami lingkup dan kedalaman IPA sekolah.

·         Kreatif dan inovatif dalam penerapan dan pengembangan IPA.

·         Menguasai prinsip-prinsip dan teori-teori pengelolaan dan keselamatan

kerja/belajar di laboratorium IPA sekolah.

·         Menggunakan alat-alat ukur, alat peraga, alat hitung, dan piranti lunak

komputer untuk meningkatkan pembelajaran IPA di kelas, laboratorium.

·         Merancang eksperimen IPA untuk keperluan pembelajaran atau

penelitian

·         Melaksanakan eksperimen IPA dengan cara yang benar.

·         Memahami sejarah perkembangan IPA dan pikiran-pikiran yangmendasari perkembangan tersebut.

 

 

 

 

Sumber :  LAMPIRAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL

NOMOR 16 TAHUN 2007 TANGGAL 4 MEI 2007 TENTANG STANDAR KUALIFIKASI AKADEMIK DAN KOMPETENSI GURU


2 responses to “Kompetensi Guru mata pelajaran IPA pada SMP/MTs

  1. Hi. Wow menarik artikel ni… tahniah admin.

Comments are closed.