· Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta
penerapannya secara fleksibel.
· Memahami proses berpikir IPA dalam mempelajari proses dan gejala alam
· Menggunakan bahasa simbolik dalam mendeskripsikan proses dan gejala
alam.
· Memahami hubungan antar berbagai cabang IPA, dan hubungan IPA
dengan matematika dan teknologi.
· Bernalar secara kualitatif maupun kuantitatif tentang proses dan hukum
alam sederhana.
· Menerapkan konsep, hukum, dan teori IPAuntuk menjelaskan berbagai
fenomena alam.
· Menjelaskan penerapan hukum-hukum IPA dalam teknologi terutama
yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.
· Memahami lingkup dan kedalaman IPA sekolah.
· Kreatif dan inovatif dalam penerapan dan pengembangan IPA.
· Menguasai prinsip-prinsip dan teori-teori pengelolaan dan keselamatan
kerja/belajar di laboratorium IPA sekolah.
· Menggunakan alat-alat ukur, alat peraga, alat hitung, dan piranti lunak
komputer untuk meningkatkan pembelajaran IPA di kelas, laboratorium.
· Merancang eksperimen IPA untuk keperluan pembelajaran atau
penelitian
· Melaksanakan eksperimen IPA dengan cara yang benar.
· Memahami sejarah perkembangan IPA dan pikiran-pikiran yangmendasari perkembangan tersebut.
Sumber : LAMPIRAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL
NOMOR 16 TAHUN 2007 TANGGAL 4 MEI 2007 TENTANG STANDAR KUALIFIKASI AKADEMIK DAN KOMPETENSI GURU
Hi. Wow menarik artikel ni… tahniah admin.
@BD Di Rumah, terima kasih sudah berkunjung, tahniah.