andadari_

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Belajar

on March 20, 2013

Keberhasilan usaha belajar ditentukan oleh faktor-faktor yang terikat dengan diri sendiri, tujuan belajar, materi yang dipelajari, cara mempelajari materi itu, narasumber yang membantu proses belajar dan faktor-faktor lingkungan fisik maupun sosial. Faktor-faktor itu bekerja bersama-sama dalam fenomena yang kompleks sehingga pembahasan yang terpisah hanya untuk mempermudah pemahaman karena faktor-faktor tersebut tidak bekerja sendiri-sendiri :

1. Faktor individu : meliputi faktor yang bersifat fisik dan psikologi. Termasuk dalam faktor   fisik antara lain : keadaan indera, cacat tubuh, keseimbangan hormonal, sistem persarafan khususnya keadaan otak dan kelelahan fisik/penyakit. Faktor psikologi meliputi : kecerdasan, perhatian, kepribadian dan faktor-faktor psikologi lainnya.

2. Tujuan belajar : penetapan tujuan belajar yang tepat dirinci dengan tujuan-tujuan jangka pendek yang atraktif, akan membuat tujuan itu padu dan diterima sebagai tujuan pribadi. Tujuan semacam itu dapat memelihara minat dan motivasi untuk berusaha mencapainya yang menjadi jaminan keberhasilan usaha belajar.

3. Materi yang dipelajari : materi bisa mudah atau sulit, luas atau sempit, mendalam atau permukaan. Masa peka juga menentukan tingkat keberhasilan mempelajari materi. Mempelajari sesuatu harus dilakukan secara bertahap, dimulai dari materi subordinat berlanjut ke materi superordinat. Tanpa memperhatikan pengetahuan atau ketrampilan prasarat, suatu materi yang sangat mudahpun dapat menjadi sulit untuk dipelajari.

4. Teknik belajar : bagaimana orang dapat mempelajari sesuatu secara efektif telah lama menjadi bahasan ahli pendidikan. Ternyata tidak pernah diperoleh resep tunggal mengenai belajar efektif. Teknik sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor yang sangat pribadi, dan juga faktor yang terikat dengan jenis materinya. Materi ketrampilan dan sikap tentu lebih baik di dekati memakai pola kondisioning, sedang materi pengetahuan memakai belajar kognitif. Teknik-teknik memorizing merupakan bagian dari model belajar yang kalau dikembangkan akan menjadi dasar pendekatan belajar efektif.

5. Nara sumber : belajar formal membutuhkan guru sebagai nara sumber. Pada belajar informal nara sumbernya bisa apa saja atau siapa saja. Nara sumber ini penting karena menentukan jelas tidaknya materi sekaligus menjadi kriteria seberapa jauh proses belajar telah berlangsung dan seberapa banyak keberhasilannya.

6. Lingkungan : secara sempit lingkungan belajar adalah lingkungan fisik tempat belajar berlangsung. Faktor-faktor yang terikat didalamnya antara lain faktor fasiliitas belajar (meja, kursi, buku), faktor ruangan belajar, kesegaran/cuaca, penerangan, sanitasi, kebisingan dan lain-lain. Faktor lingkungan juga mencakup faktor sosial yang lebih luas. Suasana kompetitif di kelas, masyarakat yang tenang, orang tua yang penuh perhatian, kehidupan sosial ekonomi dan lingkungan pergaulan akan mempengaruhi belajar.

Sumber : Modul kuliah psikologi IKIP Malang oleh Drs. Alwisol M.Pd


2 responses to “Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Belajar

  1. yudha feriandri says:

    makassih atas info ilmunya mba dewandari …. minta iin mengkopi ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: