MEMENUHI STANDAR PROSES PEMBELAJARAN BAGI GURU (KTSP)

  • Guru mempunyai dokumen pengembangan silabus, disertai dengan  berita acara kegiatan pengembangan silabus oleh guru secara mandiri atau oleh kelompok guru.
  • Guru menyusun dan mengembangkan RPP yang memuat:    identitas mata pelajaran;   Standar Kompetensi (SK);  Kompetensi Dasar (KD) dari silabus yang akan dicapai;  indikator pencapaian kompetensi; tujuan pembelajaran; materi ajar; alokasi waktu yang diperlukan; metode pembelajaran; kegiatan pembelajaran; penilaian hasil belajar dan yang terakhir sumber bahan
  • Guru menyusun RPP dengan memperhatikan prinsip-prinsip penyusunan RPP: memperhatikan perbedaan individu siswa; mendorong partisipasi aktif siswa; mengembangkan budaya membaca dan menulis; memberikan umpan balik dan tindak lanjut; keterkaitan dan keterpaduan antara SK, KD, materi dan pengembangannya, kegiatan pembelajaran, indikator    pencapaian kompetensi, penilaian; dan sumber belajar dan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi.
  • Guru menggunakan buku teks pelajaran dengan mengikuti ketentuan sebagai berikut:
    1. buku teks pelajaran yang akan digunakan oleh sekolah/madrasah dipilih melalui rapat guru dengan pertimbangan komite sekolah/madrasah dari buku teks pelajaran yang ditetapkan oleh Menteri;
    2. rasio buku teks pelajaran untuk siswa adalah 1 : 1 per mata pelajaran;
    3. selain buku teks pelajaran, guru menggunakan buku panduan guru, buku pengayaan, buku referensi dan sumber belajar lainnya;
    4. guru membiasakan siswa menggunakan buku-buku dan sumber belajar lain yang ada di perpustakaan sekolah/madrasah.
  • Guru melaksanakan pengelolaan kelas dengan mengikuti kaidah:
    1. guru mengatur tempat duduk sesuai dengan karakteristik siswa dan mata pelajaran, serta aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan;
    2. volume dan intonasi suara guru dalam proses pembelajaran harus dapat didengar dengan baik oleh siswa;
    3. tutur kata guru santun dan dapat dimengerti oleh siswa;
    4. guru menyesuaikan materi pelajaran dengan kecepatan dan kemampuan belajar siswa;
    5. guru menciptakan ketertiban, kedisiplinan, kenyamanan, keselamatan, dan kepatuhan pada peraturan dalam menyelenggarakan proses pembelajar­an;
    6. guru memberikan penguatan dan umpan balik terhadap respons dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung;
    7. guru menghargai siswa tanpa memandang latar belakang agama, suku, jenis kelamin, dan sta­tus sosial ekonomi;
    8. guru menghargai pendapat siswa;
    9. guru memakai pakaian yang sopan, bersih, dan rapi;
    10. pada tiap awal semester, guru menyampaikan silabus mata pelajaran yang diajarkannya; dan
    11. guru memulai dan mengakhiri proses pembela­jaran sesuai dengan waktu yang dijadwalkan.
  • Guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran, meliputi:1)   Kegiatan pendahuluan.Dalam kegiatan pendahuluan, guru;
    1. Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
    2. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
    3. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
    4. Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.

    2)           Kegiatan inti (eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi).

    A. EKSPLORASI

    Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

    1. Melibatkan siswa mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber.
    2. Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran dan sumber belajar lain.
    3. Memfasilitasi terjadinya interaksi antarsiswa serta antara siswa dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya.
    4. Melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran, dan
    5. Memfasilitasi siswa melakukan percobaan di laboratorium, studio atau lapangan.

    B. ELABORASI

    Dalam kegiatan elaborasi, guru:

    1. Membiasakan siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna.
    2. Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas, diskusi dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
    3. Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa takut.
    4. Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.
    5. Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
    6. Memfasilitasi siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis secara individual maupun kelompok.
    7. Memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja secara individual maupun kelompok.
    8. Memfasilitasi siswa melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan.
    9. Memfasilitasi siswa melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri siswa.

    C. KONFIRMASI

    Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

    1. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan siswa.
    2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa melalui berbagai sumber.
    3. Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
    4. Memfasilitasi siswa untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:

    (1)    Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa   yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.

    (2)    Membantu menyelesaikan masalah siswa dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.

    (3)    Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh, dan

    (4)    Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

    3)   Kegiatan Penutup

    Dalam kegiatan penutup, guru:

    1. Bersama-sama dengan siswa dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
    2. Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
    3. Memberikan umpan balik terhadap proses hasil pembelajaran.
    4. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa.

    5.  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

  • Selama proses pembelajaran guru melaksanakan penilaian proses pembelajaran.

( Sumber : Juknis Akreditasi SMP tahun 2009)

About these ads

8 responses to “MEMENUHI STANDAR PROSES PEMBELAJARAN BAGI GURU (KTSP)

  1. Now that’s a fantastic website. I am very impressed.

  2. Sanchez : Did you have any favorite NFL teams growing up?
    To him belong glory and dominion forever and ever. Cancha,
    which are made point bread millions, are a obviously
    fast noun content in peru, and even tries in advanced internal spring.
    “It was awesome,” said Harman, who had opened with a three-over 73.

    Excellent colour saturation & framing with superb sharpness.

  3. This year’s World Cup Finals for show jumping
    and dressage will be held April 19-22 at the Indoor Brabant in ‘s-Hertogenbosch, the Netherlands.

    Well, at least he has the gems and he can still have
    a big party and drown his sorrows at the reception hall.
    The products have sold briskly over the past year. This is similar to many bike computers.
    An even more striking fact was that 150 of these were from the Pontycymmer Exchange, which served by far the smallest
    of these three, the Garw.

  4. I am really impressed along with your writing abilities as smartly as with the layout on your weblog. Is this a paid subject or did you modify it your self? Either way keep up the nice high quality writing, it’s rare to peer a great weblog like this one these days.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s